Cara Buat Website dan Memilih Ceruk Pasar

0

Langkah berikutnya dalam pembuatan website jika anda ingin memulai bisnis onlinesebaiknya kenali ceruk pasar yang ingin anda masuki , target yang anda gunakan adalah target yang lebih spesifik siapa target pasar anda dan apa yang menjadi keinginan, kebutuhan atau minatnya?. Dan gunakan hasil riset pasar untuk mengenal ceruk pasar bisnis online anda.

misalnya pembuatan website anda tentang sepatu murah, maka ceruk pasar dari sepatu murah yang lebih spesifik adalah sepatu wanita murah atau lebih spesifik lagi sepatu kerja wanita murah, ini akan lebih menguntungkan karena untuk pencarian sepatu kerja wanita murah memiliki target yang lebih spesifik yaitu ceruk pasar sepatu dengan peminat wanita yang bekerja.

Dalam dunia medis misalnya kita mengenal dokter spesialis maka didunia bisnis kita juga akan menjumpai orang-orang yang memiliki kemampuan khusus dan ini akan dicari orang karena jika kita mempunyai kelebihan dalam satu bidang tertentu maka orang akan mencari kita karena kemampuan khusus kita tersebut.

Untuk itu mulai dari sekarang asahlah kemampuan anda hanya untuk menekuni satu bidang sampai berhasil, dalam “pembuatan website bisnis online” kita juga mengenal istilah spesialisasi untuk suatu bidang tertentu dengan pasar terentu dan dengan peminat tertentu pula, dan jadikan ceruk pasar anda menjadi target untuk mencapai kesuksesan anda.

Dalam Pembuatan Website akan lebih mudah bila bidang usaha anda merupakan ceruk pasar atau niche, karena Bidang usaha anda lebih spesific dan biasanya persaingannya tidak begitu ketat.

Beberapa strategi yang diperlukan dalam memilih ceruk pasar atau niche :

1. Jangan memilih ceruk pasar dengan alasan akan mendatangkan uang banyak, karena disini kita akan bersaing dengan banyak pesaing. misalnya sepatu murah, maka akan banyak orang yang menjual sepatu murah dan ini berarti pesaing kita akan lebih banyak dibandingkan jika kita memasarkan sepatu wanita murah atau menjual sepatu kerja wanita murah.

2. Jangan memilih ceruk pasar atau niche bidang yang tidak kita kuasai atau belum mempunyai pengalaman sebelumnya anda akan kesulitan untuk mengembangkan ceruk pasar yang belum anda kuasai.

3. Jangan memilih ceruk pasar atau niche yang tidak memiliki kompetisi sama sekali atau hanya sedikit sekali, karena kemungkinan besar ceruk pasar ini tidak profitable sehingga tidak memiliki prospek yang baik untuk diikuti.

4. Jangan memilih ceruk pasar atau niche yang banyak orang mencarinya secara gratis sehingga kemungkinan besar tidak ada pembelinya.

5. Jangan memilih ceruk pasar atau niche yang terlalu luas atau umum karena ini akan membutuhkan dana yang lebih besar karena kita harus membangun brand atau nama besar kita dan membutuhkan proses yang lebih lama.

Lebih baik kita memilih ceruk pasar atau niche yang lebih spesifik sehingga kita bisa lebih fokus dan untuk sukses peluangnya cukup besar.

Begitu pula dana yang dikeluarkan juga jauh lebih kecil. Sehingga akan banyak menghemat waktu, tenaga dan uang anda

Bila Anda ingin memilih  Ceruk Pasar atau Niche yang terbaik, pilihlah yang berdasarkan:

  • Kemampuan, Minat atau pengalaman yang anda kuasai
  • Yang banyak peminat dengan sedikit pesaing
  • Yang lebih spesifik dan memiliki prospek

Jika anda ingin mengenal lebih jauh tentang cara membuat website  dan mengenal ceruk pasar untuk usaha bisnis online anda sebaiknya anda konsultasikan lebih dahulu dengan para ahlinya dengan cara mempelajari bagaimana cara memulai bisnis online agar anda tidak mengalami kesulitan nantinya.

Dan saran saya sebaiknya anda bergabung di Rahasia Website Pemula untuk belajar tentang segala hal yang menyangkut bisnis anda karena disana anda akan dibimbing secara langsung dan tatap muka untuk membahas masalah-masalah yang anda hadapi seputar bisnis online yang anda jalankan.

Semoga bermanfaat dan sukses buat anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.