Cara buat website gratis dan berbayar serta keuntungannya

2

Buat anda yang masih pemula dan baru belajar buat website maka pilihan anda adalah website yang gratisan atau blog gratisan di blogspot, tapi jika anda sudah mulai fokus dan sudah menemukan ide bisnis atau ingin belajar lebih mendalam lagi tentang website yang menghasilkan sebaiknya anda sudah mulai menggunakan website berbayar, dengan menggunakan hosting standar buat pemula.

Untuk saat ini membuat blog atau website gratisan cukup mudah membuatnya karena anda tidak perlu keluar biaya apapun alias gratis, namun kelemahannya anda tidak bisa mengoptimasi website anda karena website atau blog anda berada didalam website dari penyelenggara web atau blog gratisan seprti di blogspot.com.

Cara buat website gratis cukup  mudah tinggal daftar di blogspot,  pilih domian “nama anda.blogspot.com”  kemudian pilih template dan langsung jadi website anda tinggal anda gunakan, untuk sementara waktu dapat anda gunakan sebagai  latihan mengenal fungsi-fungsi yang ada diblogspot.com, namun jika anda memiliki keahlian tertentu dapat juga digunakan untuk mencari penghasilan bisnis online dan ini benar-benar gratis.

Tentu saja ada kelemahan-kelemahan dari blog atau website gratisan karena anda kurang leluasa mengelola website, sehingga anda dibatasi penggunaannya  dan biasanya dari pihak penyelenggara website memiliki otorisasi apakah website anda layak atau tidak layak dan umumnya wajib mencantumkan nama domain dari pemilik website seperti blogspot.com.

Bagaimana dengan Website berbayar? apa saja keuntungan dan kelebihan website berbayar

Website berbayar mempunyai kelebihan yang dapat kita perhitungkan untuk jangka panjang jika kita ingin menjalankan bisnis online di internet diantarnya :

1. Menggunakan nama domain sendiri tanpa embel-embel nama website lainnya, misalnya: “namawebsiteku.com” ini akan langsung memberikan kesan bahwa kita sudah lebih profesional sehingga tinggkat kepercayaan orang terhadap diri kita menjadi tinggi

2. Dalam pengelolaan website kita tidak dibatasi, hanya saja kita harus meningkatkan hosting yang kita sewa jika ada penambahan-penambahan kapasitas jika memang kita butuhkan, ini dapat diatur dengan penyelenggara hosting

3. Binsis online yang kita jalankan sebaiknya diseting untuk jangka panjang sehingga biaya yang dikeluarkan akan sesui dengan hasil yang kita peroleh, dan yang gratisan biasanya suka dibaned jika melanggar ketentuan TOR hal ini akan merugikan bisnis kita

4. Bisa dijadikan aset yang mempunyai nilai jual tinggi jika website kita berhasil menguasai pasar dan biasanya pemilik website akan memasang harga tinggi jika websitenya ingin dijual

5. Website adalah ibarat toko tempat kita berjualan maka sebaiknya toko tersebut kita yang miliki sendiri sehingga kita dapat lebih leluasa mendesaign tempat atau barang-barang yang ingin kita jual, dibandingkan jika kita sewa tempat  dimana jika kemudian ada penutupan tempat yang kita sewa maka kita akan kehilangan segalanya.

Mungkin masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang kita peroleh jika kita memiliki “website berbayar” dan yang terpenting disini adalah apakah kita sudah mempersiapkan segalanya untuk mengoptimalkan website berbayar kita, karena pengalaman saya membuat website kurang lebih hampir 2 tahun kurang maksimal karena pengetahuan saya tentang website saya pelajari melalui ebook yang saya beli tidak ada penjelasan detail tentang cara optimasi website.

Saya berharap anda mulai memahami keuntungan yang dapat anda peroleh jika anda menggunakan website berbayar, yang dimaksud berbayar disini adalah nama domain dan hosting yang anda gunakan adalah domain dan hosting berbayar dan ini dapat dengan mudah anda temukan diinternet, tinggal anda buka websitenya misalnya di JogjaHost, kemudian daftarkan nama domain anda dan lakukan pembayaran.

Domain adalah ibarat nama toko dan Hosting adalah tempat atau toko itu sendiri sehingga lengkap sudah website kita tinggal kita mengisi barang dagangan di toko kita tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pemesanan domain dan hosting :

1. untuk nama domain usahakan menggunakan kata kunci dan tidak lebih dari tiga suku kata misalnya carabuatwebsiteku.com, jika nama domain tidak tersedia anda dapat menggunakan strip – dantara suku kata atau s/ku di akhir suku kata, karena hal ini akan tetap diindex oleh google sesuai nama dan suku kata tidak termasuk tambahan diatas.

2. untuk hosting jika anda hanya ingin berbisnis lokal di indonesia sebaiknya menggunakan hosting untuk kebutuhan pasar lokal saja, namun jika pasar anda adalah luar negri anda dapat menggunakan hosting yang berbasis keluar negri agar lebih maksimal.

Jika anda ingin memeperdalam lagi cara buat website baik yang gratis maupun berbayar anda dapat kunjungi websitenya di Rahasia Website Pemula dan anda juga dapat mengikuti bimbel secara offline maupun online.

Semoga ini bermanfaat dan jika ada kesulitan saya bersedia membantu.

2 Comments
  1. Hendra says

    Biasanya saya pakai blogger

    1. carabuatwebsite says

      Iya, rekomended

Leave A Reply

Your email address will not be published.